Menu

 

Ban Mobil Indonesia Dilirik Arab Saudi

Ban Mobil Produksi Indonesia. (Dok. Istimewa)

 

hariansuara.com, Jakarta - Salah satu komoditas ekspor utama Indonesia ke Arab Saudi yang memiliki pangsa pasar yang relatif besar di negara itu adalah ban mobil.

 

Lembaga riset Peristence Research Market menyatakan bahwa kebutuhan ban di Arab Saudi pada tahun 2032 akan tumbuh sebesar 3,2 kali lipat dibanding tahun 2016.

 

Menurut perhitungan lembaga ini, permintaan paling menonjol adalah ban jenis truk ringan dan mobil berpenumpang.

 

Melihat peluang besar tersebut, Tim Ekonomi dan Perdagangan KJRI Jeddah telah aktif melakukan komunikasi dengan berbagai pengimpor ban dari Arab Saudi untuk melakukan `buying mission` ke Indonesia dalam kurun waktu satu semester pertama tahun 2017.

 

Salah satu perusahaan yang sangat kooperatif untuk menjalin komunikasi dengan Tim Ekonomi dan Perdagangan KJRI Jeddah adalah perusahaan Bin Sihon dan Bahakam Co & Sons.

 

Bin Sihon adalah perusahaan Arab Saudi yang bergerak antara lain di bidang importasi produk ban, baterai, minyak pelumas, truk, mesin, peralatan rumah tangga, produk plastik dan kemasan, perusahaan konstruksi dan real estat, dan perusahaan patungan.

 

Sedangkan PT Bahakam Co & Sons Ltd adalah mitra perusahaan Bin Sihon yang juga menyatakan tertarik untuk mencari produk ban dari Indonesia.

 

Bin Sihon merupakan importir dan agen untuk produk ban dengan merek Archilles dari perusahaan multistrada di Indonesia.

 

Berdasarkan informasi tertulis dari wakil manajemen dari Bin Sihon, setiap tahun Bin Sihon melakukan importasi produk ban merek Archilles dari Indonesia berkisar 100 juta riyal atau Rp 350 miliar.

 

Tim Ekonomi dan Perdagangan KJRI Jeddah juga menggandeng Customer Service Centre (CSC) Kementerian Perdagangan dalam melakukan pengaturan B to B meeting dengan beberapa produsen ban dan juga baterai dari Indonesia.

 

Di sisi lain, dengan adanya rencana pembangunan industri ban di Arab Saudi karena kemudahan bahan baku juga harus dilihat sebagai tantangan bagi industri ban nasional agar lebih meningkatkan kualitas produksinya secara lebih efisien sehingga mampu bersaing di pasar global termasuk di pasar Arab Saudi. (*)


+ 0
+ 0

KEUANGAN

Ekonomi & Bisnis

Properti & Investasi

Peluang Usaha

FOTO

HARIANSUARA TV

United Kingdom Bookmaker CBETTING claim Coral Bonus from link.

SPORT