Menu

 

Tukang.com Naikkan Derajat dan Pendapatan Pekerja Informal

Aplikasi Tukang.com Membantu Pekerja. (Dok. Istimewa)

 

hariansuara.com, Jakarta - Aplikasi tukang.com dinilai mampu menaikkan derajat para pekerja sektor informal. Karena selain terbantu pemasaran jasa mereka, juga diharapkan mampu meningkatkan pendapatan.

 

"Bila sebelumnya mereka ditanya bekerja dimana, dijawab 'kerja di pembangunan itu', sekarang mereka bisa dengan bangga bilang 'kerja di tukang.com'," ujar CEO tukang.com, Aziz Hartanto di Bekasi, Senin.

 

Saat ini, tukang.com menyediakan 13 bidang kerja yaitu AC atau pendingin udara, alumunium, atap, batu dan keramik, cat, furnitur dan interior, kebun, kolam, kusen, las, ledeng, listrik serta plafon.

 

Konsumen dapat menggunakan jasa para tukang melalui aplikasi tukang.com yang dapat diunduh di Google Play Store maupun Apple App Store.

 

"Mitra kami saat ini ada dua macam, yaitu 'vendor' yang berperan sebagai mandor atau pemilik usaha. Dan 'worker' yang mengerjakan pekerjaan yang diminta konsumen," tutur Aziz.

 

Sebagai pihak yang mengerjakan pekerjaan dari konsumen, Aziz menyatakan para pekerja akan mendapatkan bagi hasil.

 

"Sebanyak 75 persen untuk pekerja  sedangkan 'vendor' dan tukang.com mendapatkan masing-masing 12,5 persen. Biaya untuk pekerjaan harian saat ini Rp 200 ribu dan Rp 250 ribu," jelasnya.

 

Perhitungan berbeda diberlakukan untuk pekerjaan borongan. Untuk pekerjaan borongan, tukang.com hanya mengambil 10 persen sedangkan 90 persen untuk `vendor` dan `worker`.

 

"Untuk pekerjaan borongan, 'vendor' yang membagikan hasilnya kepada 'worker' karena biasanya dikerjakan oleh banyak 'worker'. 'Vendor' juga diperbolehkan menggunakan pekerja selain 'worker' yang terdaftar di tukang.com," katanya.

 

Aziz mengatakan seluruh pembagian hasil diterima bersih oleh `vendor` dan `worker`. Segala biaya yang timbul saat transaksi pembagian hasil tersebut ditanggung oleh tukang.com. (*)


+ 0
+ 0

KEUANGAN

Ekonomi & Bisnis

Properti & Investasi

Peluang Usaha

FOTO

HARIANSUARA TV

United Kingdom Bookmaker CBETTING claim Coral Bonus from link.

SPORT