Menu

Kupang Optimistis Populasi Sapi Tembus 1 Juta

  • Editor Yanie Wuryandari
  • Kategori: Cakrawala Daerah
  • Dilihat: 11 kali

Populasi Ternak Sapi. (Dok. Istimewa)

 

hariansuara.com, Kupang  - Ketua Komisi II DPRD Provinsi Nusa Tenggara Timur Yucundianus Lepa mengaku optimistis terhadap peningkatan populasi ternak sapi di daerah itu bisa mencapai 1 juta ekor pada tahun 2018, sesuai target dari pemerintah provinsi setempat.

 

"Kondisi hari populasi ternak sapi kita sudah lebih dari 950 ribu ekor. Sehingga kita optimistis target pemerintah mencapai 1 juta ekor pada 2018 bisa tercapai. Bahkan bisa lebih dari itu," ungkap Yucudianus di Kupang, Senin.

 

Hal tersebut diungkapkan dalam pertemuan antara DPRD NTT bersama Lembaga Pertahanan Nasional (Leparnas) peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan LVI yang dipimpin Prof Dr Sudaryono.

 

Pertemuan tersebut membahas sejumlah isu pembangunan yang berkaitan dengan enam tekad pembangunan Pemerintah Provinsi setempat. Salah satunya menjadikan NTT sebagai provinsi ternak.

 

Penguatan produktivitas ternak sapi di daerah itu dilakukan melalui delapan lokasi pembibitan di Pulau Timor, Flores, dan Sumba.

 

"Pemerintah Daerah juga berupaya meningkatkan produktivitas sapi melalui pemberian inseminasi buatan (IB)," jelasnya.

 

Namun ia mengaku, pemberian IB tersebut umumnya masih intensif di tingkat pembibitan, belum di tingkat petani peternak masih jarang karena keterbatasan keterampilan dan pengetahuan.

 

Pada awal tahun 2017, kondisi ternak sapi terutama di Pulau Timor sempat terganggu dengan adanya wabah penyakit ngorok pada sapi.

 

"Namun penyebarannya tidak cepat dan parah sehingga ketika kami dengan pemerintah provinsi ke lapangan bisa langsung dieliminasi," tuturnya.

 

Penguatan pusat pembibitan sapi di daerah itu didukung dengan program nasional yakni SIWAB (Sapi Induk Wajib Bunting) yang gerakannya sampai ke seluruh kabupaten. (*)


+ 0
+ 0

Terkini

Politik

Hukum & Peristiwa

FOTO

HARIANSUARA TV

United Kingdom Bookmaker CBETTING claim Coral Bonus from link.

SPORT