Menu

Komunitas Minkan Taishi, Berbagi Kasih Sayang dan Silaturahmi

Komunitas Minkan Taishi, Berbagi Kasih Sayang dan Silaturahmi. (Foto: Komunitas Minkan Taishi)

 

hariansuara.com, Jakarta – Di Jakarta ada sebuah komunitas yang didirikan oleh alumus Sastra Jepang Universitas Nasional (Unas) yang dinamai Keluarga Besar Minkan Taishi. Minkan Taishi dalam bahasa Indonesia berarti duta sipil.

 

Ibu Uchu Fadilah sebagai pembina komunitas mencetuskan ide menarik ini tahun lalu. “Para anggotanya adalah mereka para mahasiswa dan mahasiswi Unas yang pernah mewakili Indonesia sebagai Minkan Taishi untuk memperkenalkan masyarakat dan budaya Indonesia ke sekolah-sekolah. Inilah wadah bagi kami yang ingin memberikan nilai-nilai kejepangan yang positif yang pernah kami pelajari selama berada di sana, untuk disampaikan pada masyarakat luas, diantaranya panti ashan” tutur Ibu Uchu kepada hariansuara.com.

 

Komunitas yang didirikan sejak tahun 2006 ini memiliki 26 anggota dengan ketua komunitasnya yaitu Ricky Zalmi.

 

Selama 2 minggu berada di Jepang, para mantan Minkan Taishi ini homestay secara gratis. Tujuannya agar dapat berinteraksi dan mengalami kehidupan dan kebiasaan orang Jepang serta mempelajari budaya Jepang dan masyarakat Jepang secara langsung.

 

Menurut Ricky, “Pihak kampus memang ada kerja sama dengan organisasi non profit di Jepang. Mereka membantu mengirim para mahasiswa Unas untuk mengikuti program Minkan Taishi ini di sana.“

 

Setiap tahunnya hanya 2 orang yang dikirim, tentunya dengan seleksi yang sangat ketat. Selain berkepribadian baik, memiliki IPK minimal 3, para minkan taishi ini harus dapat berkomunikasi  dalam bahasa Jepang dengan baik.

 

“Harapannya ingin mempererat kerja sama dan memperdalam saling pengertian antar warga kedua negara,” tambahnya. (Bintang Samudra)


BERITA LAINNYA

FOTO

HARIANSUARA TV

United Kingdom Bookmaker CBETTING claim Coral Bonus from link.

SPORT