Menu

5 Kekasih Kulit Kita

  • Editor Yanie Wuryandari
  • Kategori: Beauty
  • Dilihat: 28 kali

5 Kekasih Kulit Kita. (Dok. Istimewa)

 

hariansuara.com, Jakarta – Hidup di negeri tropis yang kaya matahari memang ada ruginya. Utamanya bagi kecantikan kulit kita.

 

Kulit akan cepat terbakar sinar matahari, kering, mengelupas, flek, kerutan dini dan sebagainya. Padahal masih ada hal lainnya lagi yang bakal merusak kecantikan kulit. Misalnya saja debu, polusi udara dan sebagainya.

 

Namun tenang saja, hal itu dapat diatasi dengan cara gampang. Siapkan saja `kekasih` kulit  kita. Apa saja sih, sang kekasih kulit kita?

 

 

1. Pelembap
Kekasih pertama kulit adalah pelembap. Pelembap bakal selalu dibutuhkan oleh setiap jenis kulit. Tak peduli itu kulit berminyak, kulit kering maupun kulit sensitif.

 

Lalu, tinggal kita pilih pelembap yang sesuai dengan jenis kulit kita. Misalnya untuk kulit kering, pilih pelembap dengan bahan dasar oil. Sedang untuk kulit berminyak, pilih pelembap berbahan dasar air. Sedang untuk jenis kulit sensitif, pilh pelembap khusus untuk kulit ini, biasanya yang tak mengandung parfum.

 

Apapun jenis kulit kita, di luar ruangan, sinar matahari tropis, akan cepat terserap kelembapan yang dikandung kulit kita. Hal ini dapat mengakibatkan kulit menjadi kering dan datangnya keriput dini.

 

Pencegahannya oleskan pelembap pada kulit wajah, minimal dua kali dalam sehari. Cara ini akan mengembalikan dan menjaga kelembapan kulit kita, hingga tetap segar.

 

 

2. Pembersih Wajah
Karena kondisi cuaca dan lingkungan yang kerap terpapar segala macam hal perusak kulit wajah, membersihkan wajah wajib hukumnya. Ini untuk menjaga wajah tetap segar, mulus dan sehat. Seperti juga pelembap, memilih pembersih wajah juga perlu disesuaikn dengan jenis kulit kita.

 

Itu sebabnya perlu sekali mengetahui jenis kulit wajah kita masing-masing, agar dapat membantumenjaga kesegaran, kesehatan dan kemulusannya semaksimal mungkin.

 

Membersihkan wajah, perlu dilakukan minimal 2 kali dalam sehari. Pagi dan malam hari saat akan tidur. Namun tak ada salahnya, seusai dari kegiatan di luar rumah pada siang hari, wajah juga dibersihkan. Kotoran, keringat dan debu yang menempel di wajah secepatnya harus dihilangkan agar tak membuat kulit wajahb bermasalah. Jerawatan misalnya.

 

Untuk memilih pembersih wajah, sebaiknya dari bahan yang tak mengandung alcohol. Karena zat ini sedidkit banyak akan membuat kulit lebih kering. Dan terkadang membuat pedih di kulit.

 

 

3. Tabir surya
Kekasih kulit kita nomor 3 adalah tabir surya. Pelindung kulit dalam segala cuaca, baik panas atau hujan. Tabir surya perlu digunakan saat kita berada di luar ruangan. Sinar Ultra Violet A dan Ultra Violet  B dapat menyebabkan sejumlah masalah pada kulit. Misalnya saja keriput dini, flek hitam atau coklat di wajah, kusam, kulit wajah yang berbeda warna.

 

Karenanya, sebaiknya oleskan tabir surya sebelum berkegiatan di luar uangan. Gunakan jenis tabir surya sesuai dengan panjangnya waktu yang digunakan di luar ruangan. Kalau hanya beberapa jam, tak perlu menggunakan tabir surya dengan SPF dalam ukuran besar, sesuaikan saja dengan kebutuhan.

 

Hal ini juga untuk menjaga agar kulit tidak terlampau terpapar dengan bahan kimia yang ada dalam kandungan tabir surya.

 

 

4. Antioksidan
Antioksidan adalah kekasih yang didamba kulit kita. Fungsi antioksidan adalah untuk melawan radikal bebas. Radmenjadi  penyebab kanker.
Wajib hukumnya untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya dengan antioksidan. Juga ikan dan minyak alami.

 

Sejumlah vitamin juga berguna untuk memproduksi kolagen, yaitu zat yang memang dibutuhkan kulit agar tetap segar, kenyal dan sehat. Vitamin C dan vitamin E dalam sayuran, buah-buahan akan sangat diperlukan untuk memproduksi kolagen.

 

 

5. Air
Kelembapan dari dalam sangat diperlukan kulit kita. Itu sebabnya mengonsumsi air dalam jullah yang cukup sangat dianjurkan. Tidak saja untuk kesehatan kulit, namun juga untuk kesehatan seluruh organ kita.

 

Air yang kita minum akan digunakan kulit guna mendorong keluar kotoran dan racun dari dalam tubuh kita, dalam bentuk keringat. Keringat juga akan melembapkan kulit kita hingga terhindar dari dehidrasi.

 

Minumlah air secukupnya mulai dari bangun di pagi hari hingga menjelang tidur malam. Sekitar 10-12 gelas per hari dalam sehari akan membuat kulit lebih sehat dan segar. (*)


+ 0
+ 0

BERITA TERKAIT

Prosa & Puisi

United Kingdom Bookmaker CBETTING claim Coral Bonus from link.

SPORT