Menu

 

Seruput Tiga Kopi Sehari Diyakini Punya Manfaat Kesehatan Bagi Tubuh

  • Editor Harry Prasetyo
  • Kategori: Kesehatan

 

hariansuara.com, Jakarta - Minum kopi sebanyak tiga sampai empat cangkir sehari diyakini memiliki beberapa manfaat kesehatan, menurut studi di British Medical Journal (BMJ).

 

Periset University of Southampton mengumpulkan data tentang dampak kopi pada semua aspek tubuh manusia, dengan mempertimbangkan lebih dari 200 penelitian yang sebagian besarnya berupa pengamatan.

 

Dibandingkan dengan peminum non-kopi, mereka yang minum tiga cangkir kopi sehari ternyata mengurangi risiko terkena masalah jantung atau meninggal menurut penelitian tersebut. Manfaat terkuat dari konsumsi kopi terlihat pada penurunan risiko penyakit hati, termasuk kanker.

 

Namun Paul Roderick, rekan penulis studi tersebut, dari fakultas kedokteran di University of Southampton, berujar peninjauan tersebut tidak dapat mengatakan apakah asupan kopi telah membuat perbedaan.

 

"Faktor-faktor seperti usia, apakah orang merokok atau tidak dan berapa banyak olahraga yang mereka lakukan bisa memberi efek," kata Roderick dikutip Healthsite, Jumat, (24/11). "Ada keseimbangan risiko dalam hidup, dan manfaat konsumsi kopi tampaknya lebih besar daripada risikonya," tambahnya.

 

Layanan Kesehatan Nasional Inggris merekomendasikan tidak lebih dari 200mg kafein sehari  dua cangkir kopi insta,  karena terlalu banyak dapat meningkatkan risiko keguguran untuk wanita hamil.

 

Para periset mengatakan peminum kopi harus tetap berpegang pada "kopi sehat" dimana tambahan gula, susu atau krim, atau makanan ringan berlemak harus dihindari.


Terkini

FOTO

HARIANSUARA TV

United Kingdom Bookmaker CBETTING claim Coral Bonus from link.

SPORT