Menu

 

Berat Badan Mudah Naik Walau Makan Sedikit? Ini Pemicunya!

Berat Badan Mudah Naik Walau Makan Sedikit ? Ini Pemicunya !. (Dok. Istimewa)

 

hariansuara.com, Jakarta - Kegemukan menjadi salah satu masalah bagi sebagian orang, terutama wanita. Hal ini karena dapat membuat penampilan tidak menarik lagi.

 

Memiliki tubuh gemuk juga dapat memicu berbagai penyakit, seperti obesitas, tekanan darah tinggi, serangan jantung, stroke, dan diabetes.

 

Masalah kegemukan biasanya disebabkan oleh gaya hidup atau pola makan yang tidak sehat, seperti sering mengkonsumsi makanan junk food, dan malas melakukan olahraga. Namun tidak jarang seseorang yang jarang makan, tetapi tubuhnya tetap gemuk. Berikut beberapa penyebab tubuh tetap gemuk meski makan sedikit.

 

Kurang tidur
Banyak orang tidak menyadari jika kurang tidur mampu memicu naiknya berat badan. Hal ini dikarenakan menurunnya fungsi hormon leptin dan ghrelin, hormon pengendali nafsu makan di dalam tubuh yang membuat kita akan lebih mudah lapar dan sistem metabolisme tubuh menurun yang mengakibatkan naiknya berat badan kita.

 

Stres
Stres ternyata dapat berpengaruh pada naiknya berat badan meski kita hanya makan sedikit makanan. Hal ini karena adanya peningkatan hormon kortisol saat kita sedang stres. Hormon ini bisa memicu penumpukan lemak di perut dengan cepat.

 

Mengonsumsi makanan yang kurang tepat
Menurut pakar kesehatan, alasan utama mengapa kita mudah gemuk meskin hanya makan sedikit karena mengonsumsi makanan yang kurang tepat. Contohnya, kita hanya makan sepotong kue, namun kandungan kue tersebut kaya akan gula dan kalori yang tentunya akan membuat tubuh kita menjadi lebih gemuk dengan mudah. Maka sangat penting untuk kita memperhatikan seberapa banyak kandungan gula dan kalori untuk menjaga berat badan tetap ideal.

 

Terkena hipotiroidisme
Selalu makan sedikit namun tetap saja berat badan meningkat, ada kemungkinan Anda mengalami penyakit hipotiroidisme. Yaitu kondisi kelenjar tiroid yang kurang aktif sehingga tidak memproduksi hormon dengan cukup. (*)


+ 0
+ 0

Terkini

FOTO

HARIANSUARA TV

United Kingdom Bookmaker CBETTING claim Coral Bonus from link.

SPORT