Menu

 

Ini Dia 5 Manfaat Minum Air Hangat Bagi Tubuh

  • Editor Harry Prasetyo
  • Kategori: Kesehatan

 

hariansuara.com, Jakarta - Minum cukup air bisa menunjang kesehatan kulit, otot, dan sendi. Air membantu sel tubuh menyerap nutrisi dan melawan infeksi. Minum beberapa gelas air hangat setiap hari bisa menawarkan lebih banyak manfaat.

 

Orang telah mengkonsumsi minuman hangat selama ribuan tahun. Literatur medis dipenuhi dengan cerita tentang bagaimana air panas atau hangat dapat meningkatkan kesehatan, namun para periset baru saja mulai melihat manfaat minum air ini dengan lebih cermat. Apa saja keuntungan minum air hangat atau panas bagi tubuh, berikut lima manfaatnya.

 

1. Pencernaan lebih sehat

 

Bila seseorang tidak cukup minum air putih, usus kecil menyerap sebagian besar air yang dikonsumsi melalui makanan dan minuman. Hal ini menyebabkan dehidrasi dan bisa membuat lebih sulit buang air besar. Dehidrasi kronis dapat menyebabkan konstipasi kronis. Sembelit ini bisa membuat buang air besar terasa sakit dan bisa menimbulkan masalah lain, termasuk wasir dan kembung.

 

2. Detoksifikasi tubuh

 

Advokat kesehatan alami berpendapat air panas  atau hangat bisa membantu detoksifikasi tubuh. Bila air cukup panas untuk menaikkan suhu tubuh seseorang, hal itu bisa menyebabkan berkeringat. Berkeringat mengusir racun dan bisa membantu membersihkan pori-pori.

 

3. Peningkatan sirkulasi

 

Air panas adalah vasodilator, artinya pengembang pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi. Hal ini bisa membantu otot rileks dan mengurangi rasa sakit. Meskipun tidak ada penelitian yang secara langsung menghubungkan air panas dengan peningkatan sirkulasi yang berkelanjutan, namun perbaikan singkat dalam sirkulasi dapat mendukung aliran darah yang lebih baik ke otot dan organ tubuh.

 

4. Penurunan berat badan

 

Ada sebuah penelitian yang mendukung gagasan minum lebih banyak air dapat membantu seseorang menurunkan berat badan. Ini mungkin sebagian karena air minum meningkatkan perasaan kenyang. Air juga membantu tubuh menyerap nutrisi dan itu dapat menyiram limbah.

 

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2003 menemukan bahwa beralih dari minum air dingin ke air panas atau hangat dapat meningkatkan penurunan berat badan. Periset menemukan minum 500 ml air sebelum makan meningkatkan metabolisme hingga 30 persen.

 

5. Mengurangi stres

 

Secangkir air panas yang menenangkan dapat membantu orang mengatasi stres dan kecemasan. Sebuah studi menemukan konsumsi cairan panas, seperti teh dan kopi, dapat menurunkan stres dan mengurangi perasaan cemas. Studi tersebut berpendapat memang ada beberapa efek yang disebabkan oleh kafein, namun kehangatan juga berperan dalam meningkatkan mood peminumnya. (berbagai sumber)


+ 0
+ 0

Terkini

FOTO

HARIANSUARA TV

United Kingdom Bookmaker CBETTING claim Coral Bonus from link.

SPORT