Menu

Cara Mudah Mengatasi Kendaraan yang Mogok Tiba-tiba

  • Editor Bintang Samudra
  • Kategori: Otomotif
  • Dilihat: 5 kali

Cara Mudah Mengatasi Kendaraan yang Mogok Tiba-tiba. (Dok. Istimewa)

 

hariansuara.com, Jakarta - Mobil tiba – tiba berhenti saat sedang melakukan perjalanan tentunya akan sangat mengganggu. Kebanyakan
mobil yang mogok adalah yang sudah berusia tua, namun tidak jarang juga mobil baru mengalami kejadian serupa. Itu sebabnya, jangan beranggapan jika memiliki mobil baru dan tidak akan mogok.

 

Perawatan dan pengecekan secara berkala wajib Anda lakukan jika tidak ingin mengalami mobil mogok. Banyak kejadian pada mobil yang mogok tidak menunjukan gejala apapun. Mobil yang mogok dapat terjadi kapanpun dan dimanapun tanpa ada tanda yang pasti.

 

Beberapa penyebab yang sering terjadi ketika mobil mogok yaitu :

 

•    Pada mobil berkarburator biasanya terjadi masalah pada sistem pengapian dan bahan bakar, seperti  pada platina, koil dan lain-lain. Sementara pada sistem bahan bakar biasanya karena pasokan bahan bakar ke mesin tidak stabil malah  kadang tidak sampai.

 

•    Pada mobil bersistem full injeksi, kerusakan sering kali terjadi pada pompa bahan bakar yang disebabkan karena saringan bensin yang kotor sehingga mesin mati mendadak.

 

Beberapa tindakan awal yang dapat Anda lakukan saat mobil tiba tiba berhenti.

 

1.    Pertama, Anda dapat mengecek kondisi pada sistem pengapian. Caranya, cabut salah satu kabel busi dan coba nyalakan mesin. Perhatikan apakah ada percikan bunga api yang keluar dari ujung kabel tersebut. Jika ada, maka masalah bukan berasal dari sistem pengapian.

 

2.    Kedua, cek sistem bahan bakar. lepas selang bensin pada karburator. Jika bensin keluar, maka sistem bahan bakar Anda tidak ada masalah.

 

3.    Pada mobil full injeksi, Anda bisa mengecek lewat selang bahan bakar yang menuju injector, apakah bensin mengalir atau tidak.

 

Selalu rawat kondisi mesin mobil Anda guna meminimalisir terjadinya masalah pada kendaraan Anda saat sedang berkendara melakukan perjalanan. (*)


Terkini

BERITA TERKAIT

FOTO

HARIANSUARA TV

United Kingdom Bookmaker CBETTING claim Coral Bonus from link.

SPORT