Menu

Chef Andrey: Kaum Wanita tidak Mendominasi Dunia Masak

  • Editor Gilang Mahargya Prihandoko
  • Kategori: Sosok
  • Dilihat: 33 kali

Chef Andrey Abbod Menggunakan Apron (kanan) saat Acara Demo Memasak PGN. (Foto: Albi Wahyudi)

 

hariansuara.com, Jakarta - Chef Andrey Abbod beranggapan, bahwa dunia masak tidak selalu didominasi oleh kaum wanita. Buktinya sejak jaman pra sejarah, laki-laki telah menemukan kegiatan memasak makanan terlebih dulu.

 

Chef Andrey menceritakan, awal mula dirinya terjun ke dunia memasak dari sekolahnya di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB). Setelah itu bekerja pertama kali di Singapura. Kemudian pindah ke Malaysia dan juga di Jakarta. Pada 2000, ia mulai mengajar menjadi dosen sekaligus membawakan demo masak hingga dirinya bisa mengisi acara memasak di beberapa stasiun televisi.

 

"Sekarang saya full pendemo produk-produk alat masak, produk bahan makanan dan lainnya. Saya punya acara tv di Jelita Indosiar, Teras Tina Talisa Sahur, Puasa Ramadhan, Metro TV, Selera Asli Tvone, Antv digital juga intermezzo I-News tv, dan acara-acara off air seperti ini," ujar Andrey kepada hariansuara.com.

 

Andrey mengakui di dunia demo memasak, banyak suka dukanya. Tetapi dirinya tetap betah dan mencintai dunia tersebut karena lebih banyak sukanya.

 

"Saya mendapatkan klien baru, kru baru, EO baru, pengunjung dan peserta baru dan tempat-tempat yang baru. Selama acara demo masak, saya tidak hanya memberikan tips kepada mereka, tetapi saya juga mendapatkan ilmu baru. Saat mereka bertanya kepada saya, mereka juga mengingatkan saya akan hal-hal tersebut. Jadi dukanya ada tapi tidak terasa lah, lebih banyak sukanya," imbuhnya.

 

Menurutnya di dunia memasak, pria dan wanita mempunyai porsi masing-masing. Yang membedakan hanya tempat memasaknya saja. 

 

"Justru sebetulnya dunia masak terutama restoran, itu lebih banyak dikuasai laki-laki. Ini bukan ngomongin dominasi gender, tapi kebanyakan didominasi laki-laki, kenapa? Karena dunia kuliner ini dunia keras. Nah kalau kita ngomongin dunia kuliner yang didominasi perempuan, biasanya adalah ibu-ibu rumahan, karena apa? Karena suami bekerja, istri masak di rumah. Jadi sebetulnya dunia kuliner adalah dunia kita semua, baik laki-laki maupun perempuan. Anyone can cook, semua orang bisa masak, semua orang boleh masak, semua orang harus masak," ungkap Andrey dengan semangat.

 

Adapun resep yang diunggulkannya, menurut Andrey, ia selalu memilih resep-resep rumahan. Karena saat acara demo masak, ia selalu mencari resep yang mudah dipelajari tetapi tetap enak untuk ibu-ibu rumahan.

 

"Kalau demo masak, saya hampir tidak pernah membuat resep yang sulit. Kenapa? Karena ibu-ibu cenderung akan malas memasak resep sulit di rumah karena pekerjaan yang sudah banyak. Kecuali  di kelas memasak, itu baru ada resep-resep yang lebih njelimet atau lebih sulit. Seperti yang kini saya demokan ada dua resep, chicken nugget dan laksa Bogor. Saya ambil laksa Bogor karena saya dari Bogor dan saya sedikit concern dengan kuliner Bogor yang mulai terlalu modern sehingga melupakan masakan-masakan tradisional," tuturnya.

 

Menurutnya, ibu-ibu sering minta didemokan chicken nugget. Chicken nugget yang tanpa pengawet, tanpa msg dan tanpa pewarna. Salah satu masakan unggulannya adalah chicken nugget asli dengan bahan yang ada.

 

"Walau tanpa pengawet dan  msg, ya tetap enak, karena saya memakai daging giling. Kemudian  saya tambahkan hati ayam yang dihaluskan dan margarin, itu yang membuat rasanya lebih gurih tanpa tambahan penyedap. Tetapi kalau ibu mau pake penyedap, silahkan, kembali ke selera masing-masing," tutur Andrey.

 

Harapan yang diinginkannya, kata Andrey, dirinya akan selalu mengucapkan hampir tidak pernah ada yang salah di dapur ibu-ibu. Jika ada perbedaan, jangan jadikan itu sebuah kesalahan tetapi pengembangan dan kreativitas dari semua masakan.

 

"Kenapa saya bilang seperti itu? Supaya ibu-ibu tidak berhenti di satu titik ketika dia merasa salah. Harapan saya dunia kuliner ini, tidak pernah berhenti di satu titik dan tidak jalan di tempat, tapi terus maju dan berkembang," pungkasnya. (Albi Wahyudi)


Terkini

FOTO

HARIANSUARA TV

United Kingdom Bookmaker CBETTING claim Coral Bonus from link.

SPORT