Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Internasional

Lewat Rawal Expo 2018, Indonesia Ikhtiar Tingkatkan Pangsa Pasar di Pakistan

Kabar KBRI
16 Apr 2018
Lewat Rawal Expo 2018, Indonesia Ikhtiar Tingkatkan Pangsa Pasar di Pakistan

hariansuara.com, Islamabad - KBRI Islamabad terus berusaha mempertahankan keberlangsungan komoditi unggulan seperti kelapa sawit, serta memasarkan berbagai produk potensial Indonesia di Pakistan. Salah satunya melalui pameran International Rawal Expo 2018.

Inilah kali kedua KBRI Islamabad membuka stand pada Rawal Expo 2018 yang diselenggarakan oleh Rawalpindi Chamber of Commerce and Industry (RCCI), Pakistan, dari 11 hingga 15 April 2018.

"Pameran ini diharapkan berhasil memperkaya pengetahuan masyarakat Pakistan mengenai Indonesia, berikut potensi perdagangan, pariwisata dan investasi serta meningkatkan perdagangan kedua negara," tutur Dubes RI Islamabad, Iwan Suyudhie Amri.

Pada pameran tahun ini, KBRI membuka stand lebih besar dengan ‘main product’ kelapa sawit serta mengundang lebih banyak perusahaan Indonesia dibanding tahun sebelumnya. “Penambahan stand dan produk perlu dilakukan, guna lebih mengingatkan Pakistan tentang produk Indonesia dengan pasar lebih dari 200 juta ini," sambung Dubes Iwan.

Pada Rawal Expo 2017, jumlah perusahaan yang berpartisipasi hanya enam, sementara 2018 ini ada sepuluh. Tiga perusahaan langsung dihadirkan dari Indonesia: PT Indofood, PT Wardah Cosmetics, dan PT Multi Estrada.

Lima perusahaan Pakistan importir produk Indonesia serta 2 agen perjalanan Pakistan untuk dukung mempromosikan pariwisata Indonesia. Untuk mengenalkan berbagai jenis makanan dan wisata kuliner Indonesia, KBRI juga membuka Indonesian Food Court yang disajikan langsung oleh para mahasiswa Islamic International University (IIUI) Islamabad.

Rawal Expo ini diarahkan sebagai ajang bagi peserta untuk memperkenalkan produk unggulan masing-masing kepada khalayak Pakistan. Diharapkan akan mendorong minat para pelaku usaha Pakistan menjalin kerja sama bisnis/perdagangan dengan negara peserta Expo.

Pembukaan pameran berlangsung meriah dihadiri oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Pakistan, Mr Muhammad Pervaiz Malik, para Duta Besar negara sahabat dan pelaku usaha kesohor Pakistan. Dubes RI mendampingi Mendag Pakistan, menggunting pita sebagai tanda dibukanya International Rawal Expo 2018. Dilanjutkan dengan pemotongan pita, lalu mengelilingi area pameran menaiki kuda kencana. 

“Kami berikan kesempatan hanya untuk Dubes RI mendampingi Mendag berkeliling naik kuda kencana, karena Indonesia selalu aktif mendukung Rawal Expo dan memiliki stand yang megah,” ujar Malik Shahid, Ketua Penyelenggara Expo dari RCCI. 

Bersama para tamu lainnya, Mendag Pakistan mengunjungi stand KBRI dan dengan antusias bertanya tentang produk-produk Indonesia yang dipamerkan. Dubes RI pun menyerahkan cinderamata kepada Mendag Pakistan, dan dilanjutkan dengan mencicipi makanan Indonesia. 

KBRI Islamabad juga memanfaatkan momen Rawal Expo 2018 untuk mempromosikan kesenian Indonesia (cultural performance) berupa suguhan Hadrah (musik sufi Nusantara) dan memberikan lucky draw berupa satu tiket pesawat gratis Pakistan-Indonesia (return) dan sejumlah door prizes dari para sponsor. 

Antusiasme masyarakat Pakistan terhadap produk-produk Indonesia begitu tinggi. Tidak kurang dari 20.000 orang mendatangi stand KBRI. Seluruh tim panitia yang terdiri dari mahasiswa Indonesia dan perusahaan pendukung pun penuh semangat melayani pengunjung. Tak ketinggalan, Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) juga memanfaatkan momen expo untuk sosialisasi penyelenggaraan Pemilu Indonesia di Islamabad 2019 nanti. (*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X