Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Internasional

KBRI Sofia Gelar Pameran Batik Indonesia

Kabar KBRI
30 Dec 2017
KBRI Sofia Gelar Pameran Batik Indonesia

hariansuara.com, Bulgaria - Menutup akhir tahun 2017, KBRI Sofia bekerja sama dengan Klub Batik di Kota Burgas, mengadakan pameran di Magazia Exhibition Hall kota tersebut pada tanggal 19-20 Desember 2017.

Acara ini dihadiri oleh para pejabat seperti Wakil Gubernur Provinsi Burgas, Wakil Walikota Kota Burgas, wakil Kementerian Luar Negeri Bulgaria, kalangan diplomatik, masyarakat dan media setempat. Burgas merupakan salah satu kota terbesar di Bulgaria dan merupakan salah satu tujuan utama wisata.

Pada acara tersebut dipamerkan sekitar 30 batik tulis koleksi pribadi Dubes RI Sofia, Sri Astari Rasjid, yang berusia puluhan tahun dengan beragam motif dan warna. Selain itu juga dipamerkan lukisan-lukisan batik karya anak – anak peserta klub batik.

Dilansir dari keterangan tertulis KBRI Sofia, Kesamaan dengan teknik batik Indonesia adalah teknik membatik klub batik tersebut mengunakan malam yang dicairkan. Untuk di Bulgaria mereka utamanya menggunakan lilin gereja yang dicampurkan dengan lilin biasa yang dicairkan untuk membuat motif lukisan batik. Setelah itu, mereka akan menggunakan cat kain untuk mewarnai bagian-bagian yang diinginkan.

Setelah lukisan selesai dan kering maka akan dilapisi lagi dengan wax cair. Kemudian mereka akan meremas lukisan kain tersebut untuk menghilangkan wax penutup lukisan dan menggunakan cat hitam untuk mengisi celah lukisan yang ditinggalkan  wax. Sebagai tahap akhir mereka akan menggunakan setrika panas dan kertas koran untuk menyerap sisa-sisa wax yang masih ada di lukisan tersebut.

Para peserta klub batik dan masyarakat setempat merasa senang mendapat kesempatan melihat batik-batik Indonesia yang sesungguhnya dan mengagumi batik yang dipamerkan. Mereka merasa senang dengan adanya pameran ini karena dapat langsung berinteraksi dengan Budaya Indonesia yang sangat sulit mereka temui.

Dalam acara pameran tersebut juga dipamerkan foto-foto keindahan alam indonesia dan tarian nasional indonesia yang dibawakan oleh tim tari bulgaria. Hal ini untuk mendorong semakin banyaknya warga bulgaria untuk datang mengunjungi Indonesia.

Sebelumnya acara pameran batik juga dilakukan bekerja sama dengan klub batik di kota Targovishte, Bulgaria pada tanggal 15 Desember 2017 dan telah berjalan dengan sukses dan mendapat respon yang sangat baik. DI bulgaria hanya ada dua klub batik yaitu di kota Burgas dan Targovisgte beranggotakan utamanya pada pelajar sekolah dari kelas 1 hingga kelas 12. Diharapkan dengan kegiatan pembinaan klub batik di kedua kota tersebut dapat menumbuhkan kecintaan terhadap indonesia sejak dini hingga tertanam pada saat mereka dewasa.(*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU