Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Inspirasi

Inilah Kenapa Kita Harus Bertanggung Jawab Dalam Hidup

Inspirasi
15 May 2018
Inilah Kenapa Kita Harus Bertanggung Jawab Dalam Hidup

hariansuara.com, Jakarta - Tanpa kecuali, semua orang hidup mempunyai tanggung jawab dan bertanggung jawab dalam kehidupannya. Tanggung jawab adalah keadaan wajib dalam menanggung segala sesuatunya jika terjadi risiko, termasuk fungsi menerima pembebanan, sebagai akibat kondisi, posisi, atau sikap pihak sendiri atau pihak lain. 

Teng Hui, motivator dan inspirator, mengatakan tanggung Jawab patut kita emban dengan semangat sebagai kewajiban karena telah diterimanya hak dalam waktu bersamaan terkait tanggung jawab itu. 

"Orang sukses selalu bersemangat menerima hak atau memberikan hak yang selaras guna menjalankan kewajiban sebagai pertanggungjawaban. Hak sangat penting dalam melaksanakan kewajiban atas tanggung jawab yang diemban." katanya kepada hariansuara.com

Hak yang kita dapatkan, kita ciptakan, atau kita berikan kepada orang lain, maupun kita pertanggungjawabkan pada diri sendiri pun haruslah hak yang bermanfaat dalam kehidupan. 

Di samping dari sisi arah tujuannya, hak yang sudah kita dapatkan, kita ciptakan, kita berikan kepada orang lain, atau kita pertanggungjawabkan pada diri sendiri itu juga sangat penting untuk diimplementasikan dengan cara yang baik dan benar serta bermanfaat. 

Kwalitas atau mutu hak inilah yang menentukan atau berakibat pada kesuksesan, yaitu menjadi bahagia dan mulia. Kegagalan dan keterpurukan, yaitu menjadi menderita, sehingga putus asa dan menyerah.  Sering terjadi tanpa kita sadari tanggung jawab orang lain kita rasa sebagai tanggung jawab kita, atau dengan kata lain telah melakukan perampasan atas hak orang lain untuk kita jalankan, menempatkannya sebagai kewajiban kita guna merealisasi pertanggungjawaban.

Tanpa kita sadari, ternyata kita sudah melakukan tindak perampasan, satu tindakan yang tergolong memalukan. Karenanya, kecermatan mengamati suatu keberadaan dalam hidup bersosial adalah hal yang tak terhindarkan.

Ada tiga hal penting tentang tanggung jawab, yaitu  pemilik Hak, kualitas Hak dan Implementasi Hak. Ketiga hal tersebut menentukan seseorang menjadi sukses dengan kehidupan damai bahagia. Gagal dengan penderitaan yang dapat mengarah ke keputusasaan dan menyerah dalam kehidupan. Tanggung Jawab, kewajiban, dan hak adalah satu kesatuan, tidak semestinya dipisahkan. (*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU