Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Internasional

Korut Setuju Selesaikan Denuklirisasi

Internasional
12 Jun 2018
Korut Setuju Selesaikan Denuklirisasi

hariansuara.com, Singapura - Kim Jong Un, pemimpin tertinggi Korea Utara sepakat dengan Presiden AS Donald Trump untuk menyelesaikan denuklirisasi Semenanjung Korea dengan imbalan jaminan keamanan.

Kim dan Trump menandatangani pernyataan bersama setelah pertemuan mereka di Hotel Capella di Sentosa. Dalam pernyataan bersama, Trump berkomitmen untuk memberikan jaminan keamanan kepada Korea Utara  sementara Kim menegaskan kembali komitmennya untuk menyelesaikan denuklirisasi Semenanjung Korea.

Kedua pemimpin melakukan "pertukaran pendapat yang menyeluruh, mendalam dan tulus" mengenai isu-isu yang terkait dengan pembentukan hubungan Korut - AS baru dan membangun perdamaian abadi dan kuat di semenanjung.

Pernyataan itu mengatakan kedua pemimpin yakin bahwa pembentukan hubungan Korut - AS baru akan berkontribusi pada perdamaian dan kemakmuran Semenanjung Korea dan dunia.

Pyongyang dan Washington akan bergabung dengan upaya mereka untuk membangun rezim perdamaian yang abadi dan stabil di semenanjung itu.

Menegaskan kembali Deklarasi Panmunjom, yang oleh Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Kim ditandatangani setelah pertemuan puncak antar-Korea ketiga pada tanggal 27 April di desa perbatasan Panmunjom, Korut setuju  berkomitmen bekerja menuju denuklirisasi di Semenanjung Korea.

Pyongyang dan Washington juga setuju untuk melakukan pemulihan sisa-sisa tahanan perang dan mereka yang hilang dalam Perang Korea 1950-53, termasuk pemulangan segera orang-orang yang sudah diidentifikasi.

Kim dan Trump mengakui bahwa KTT itu sangat penting dalam membantu kedua negara mengatasi puluhan tahun ketegangan dan permusuhan dan membuka masa depan baru dalam hubungan mereka.

Mereka berjanji melaksanakan kesepakatan secara penuh dan cepat, setuju mengadakan negosiasi lanjutan yang dipimpin Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan pejabat tingkat tinggi Korea Utara sesegera mungkin

Kim dan Trump memulai pertemuan dengan jabat tangan bersejarah yang berlangsung selama beberapa detik. "Ini baru permulaan," kata Trump sambil berjabat tangan dengan Kim. Kim, mengenakan setelan gelap, dan Trump, mengenakan dasi merah, berbicara di sudut koridor hotel selama beberapa menit sebelum mereka berjalan menyusuri lorong ke ruang pertemuan dan duduk di depan para wartawan. (*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU