Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Inspirasi

Memotret Dengan HP Bersama Kofipon

Komunitas & Hobi
12 Mar 2018
Memotret Dengan HP Bersama Kofipon

hariansuara.com, Jakarta - Keterbatasan alat ternyata tidak bisa dijadikan alasan seseorang untuk berkarya, karena jika memang niat dan berusaha, pasti akan menghasilkan sebuah nilai karya seni yang tinggi.

Sama halnya jika kita menekuni hobi fotografi, belajar fotografi ternyata tidak harus meiliki peralatan yang serba mahal. Tidak perlu memiliki kamera SLR (Single lens reflex), flash ataupun seperangkat lensa yang panjang dan besar. Ternyata kita juga bisa mengahasilkan sebuah karya foto yang menarik.       

Contohnya seperti Komunitas Fotografi Ponsel (Kofipon), kendati mereka tidak memiliki kamera DSLR serta perangkatan serba mahal lainnya, toh mereka tetap bisa berkarya dan menghasilkan foto-foto yang patut diacungi jempol.

“Sebenarnya kunci mempelajari fotografi, bukan dari alat tetapi dari bagaimana kita bisa menciptakan komposisi gambar yang bagus,” jelas Beni Sjamsuddin Toni pendiri Kofipon.      

Komunitas ini berdiri tahun 2009, saat itu Beni yang kebetulan memiliki hobi fotografi, ternyata harus menerima kenyataan bahwa dirinya belum bisa memiliki kamera SLR, kamera yang biasa digunakan oleh fotografer profesional. Tidak berputus asa, ia pun akhirnya menggunakan kamera hand phone untuk menyalurkan hobi “jeprat-jepret” nya.“Setelah dicoba ternyata hasil cukup bagus,” kata Beni.       

 Akhirnya, pada tanggal 17 September 2009 ia pun mencoba membentuk sebuah komunitas  fotografi handphone melalui situs jejaring sosial facebook. Seiring berjalanya waktu ternyata peminatnya cukup banyak, saat ini tercatat ada 1240 orang yang tergabung menjadi anggota Kofipon. Tidak hanya itu, Kofipon pun saat ini telah memiliki tiga cabag di Indonesia yakni di Medan, Pekanbaru dan Semarang.    

“Alasan saya membentuk komunitas ini, adalah untuk mewadahi orang –orang yang ingin belajar fotografi namun belum memiliki peralannya,” jelas Beni.       

Menurut Beni, menggunakan kamera ponsel ternyata memiliki banyak keuntungannya, selain lebih murah, ternyata menggunakan kamera handphone lebih praktis dan simple saat digunakan, berbeda jika menggunakan kamera SLR yang dinilai lebih berat dan memakan tempat.

”Pokoknya kalau menggunakan kameran handpone kita tidak akan kehilangan moment,” jelas Beni.        

Namun diakui Beni, menggunakan kamera Handphone memang memiliki kekurangan, selain kurang sensitif terhadap cahaya, kamera handphone juga masih banyak yang memiliki pixel yang rendah.

“Tetapi walaupun memiliki kekurangan, justru membuat kami menjadi kreatif untuk mensiasatinya”kata Beni.(*)    

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU