Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Inspirasi

Pria Ini Fasilitasi Mereka yang Minim Modal Buat Usaha

Peluang Usaha
11 Mar 2018
Pria Ini Fasilitasi Mereka yang Minim Modal Buat Usaha

hariansuara.com, Jakarta - Kecintaannya terhadap kuliner dan dunia waralaba menghantarkan Okky Indiyanto mendirikan Area Waralaba. Ya, Area Waralaba besutannya ini terbilang unik, karena di sana terdapat banyak jenis franchise kuliner dengan harga yang tergolong ramah di kantong. Bayangkan saja, hanya bermodalkan 2 juta rupiah bisa langsung usaha franchise.

"Di Area Waralaba tidak perlu dana besar untuk mitra yang ingin buka franchise," tutur Okky beberapa waktu lalu di Bekasi. "Modal dua juta juga bisa usaha franchise kuliner. Yang penting mitra punya niat dan ada kemauan untuk usaha."

Konsep yang disodorkan Okky lewat Area Waralaba ini sepertinya cocok bagi mereka yang minim modal, tapi kebelet buka usaha. Seperti yang Okky tekankan, yang penting usaha dan niat. Yup, awal Okky mendirikan Area Waralaba ini selepas dirinya pensiun. Ia tidak bekerja lagi seperti dulu. Okky mencoba mengisi kekosongan itu dengan melakukan kegiatan yang positif dan menguntungkan.

"Tadinya saya buka Ayam Bakar Madu. Dari situ saya coba mitrakan. Kita buka restoran di tempat saya sekarang di Narogong. Lalu ada yang coba minta franchise, lalu saya ajarkan," katanya.

Okky pun tebersit, kenapa tidak kembangkan franchise lainnya kepada mereka yang membutuhkan. Sejurus dengan itu mulailah dia mengembangkan konsep franchise kuliner dengan menu racikannya sendiri.

Okky kembangkan resep khas Area Waralaba yang punya ciri khasnya sendiri. Kemudian dia lakukan tester dari keluarga dan lingkungan terdekat. Untuk jenis kulinernya, tak jarang Okky tanya ke anak-anaknya soal tren kuliner sekarang.

Nah, jika ada mitra yang tertarik buka franchise, Okky tak segan berikan tester gratis. Pelatihan dilakukan hanya sehari di tempatnya. Di sini area waralaba menawarkan tiga sistem paket. Paket pertama joint branding, yang ditujukan kepada mitra awal dengan dana terbatas dengan harga yang murah.

Kedua adalah paket lengkap yang  termasuk gerobak. Gerobak yang tersedia bermacam-macam ada yang dari kayu sampai aluminium. Sedangkan ada juga paket mini resto dengan harga yang lebih mahal. Bisa dibilang paket ini lebih lengkap dibanding dua paket lainnya.

Okky menjelaskan jika mitra cocok dengan kuliner Area Waralaba, mitra mengisi formulir terlebih dahulu dengan dengan syarat-syaratnya. Nama makanannya tidak boleh berubah. Boleh berubah namanya, tapi ada biaya administrasinya yang tidak mahal. Dari formulir ada commitment fee atau DP. Joint branding itu sifatnya full payment atau langsung pembayaran.

Nah, soal harga dari makanan itu sendiri, area waralaba sudah mematok harganya sendiri, tapi nanti terserah mitra untuk menjualnya berapa. Seperti contoh, harga kulinernya Rp1.000 mitra dapat menjualnya Rp15.000.

Okky menjelaskan, empat tahun setelah berdiri Area Waralaba menunjukkan tren yang positif. “Sebulan bisa tiga atau empat yang bermitra. Tadinya kadang-kadang sebulan satu saja sudah bagus. Sekarang lebih baik dari tahun kemarin,” tuturnya. 

Hampir belasan jenis kuliner dikembangkan Area Waralaba dari ABABE Ayam Bakar Bekasi a la Family Resto, Murashi Sate Taichan, Murashi Yakitori, Murashi Bento, Murashitako Takoyaki, Roti Cop/Roti Koffie, Martabak Salira, Ikan Ayam Bakar Madu, Singkong Thailand, Macaroniaz Macarony, Nice Waffle, Lekker Kwalik, Sempol Malang, Cendol Fantasy, Fantasy Drink, Sate Sosis Kentang, sampai Marani Kebab 3 Rasa, dan lainnya.

"Total sudah seratusan mitra Area Waralaba yang sudah menerapkan berbagai macam kuliner. Kebanyakan mitra berasal dari daerah Jabodetabek. Kemitraan Area Waralaba juga sudah sampai Manado, Makassar, Lampung, Jambi dan Jawa Timur," kata Okky.

Terkait dengan promosi Area Waralaba, Okky bilang dulu Area Waralaba punya web tapi terkendala teknis. Kini tak lagi jalan. Sekarang lebih menyasar online market place, semisal OLX dan Tokopedia. Tak ketinggalan jika Okky ada waktu ikut pameran dan promosi dari mulut ke mulut.

Sifat dari Area Waralaba ini adalah kemitraan yang mandiri. Karena kemitraan mandiri, para mitra tidak lagi bergantung, plus bahan baku. Mitra membelinya sendiri. Konsep awal area waralaba itu membantu mitra yang ingin berbisnis.

"Kita jangan bicara uang dulu. Yang penting ada kemauan berbisnis. Dari empat tahun yang lalu, harga juga nggak banyak berubah," katanya. "Yang mau bergabung di sini saya akan beritahukan ke mitra, karena Area Waralaba ini adalah kemitraan mandiri. Kalau ada yang tak siap bekerja dan turun tangan langsung, maka tak akan jalan usahanya."

Walaupun banyak jenis kuliner yang ditawarkan, Okky mengaku dirinya tidak ngoyo dan tidak ambisius. Area Waralaba hanya bisa memberikan konsep jelas yang dapat membantu mereka yang ingin buka usaha.

"Kita berjalan apa adanya dan tak pernah menargetkan berapa konsep kuliner yang harus dijual. Yang penting passion saya tersalurkan," tuturnya. "Saya berdiri berjam-jam selama pelatihan itu dan rasanya sangat menyenangkan. Soal rezeki itu selalu saya kembalikan kepada Yang Maha Kuasa."  (*)

 

 

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU