Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Lifestyle

Ini Dia Bahan Alami Rahasia untuk Rambut Indah Anda

Beauty
20 May 2022
Ini Dia Bahan Alami Rahasia untuk Rambut Indah Anda

hariansuara.com - Dari zaman Cleopatra Philopator, Ratu Kerajaan Mesir Kuno, sudah ada tradisi merrambut adalah mahkota wanita. Di belahan dunia mana pun, secara turun-turun hidup tradisi merawat keindahan rambut. 

Sebut saja di India, dikenal metode Ayurveda yang disebut champi. Mereka mengombinasikan minyak alami seperti minyak kelapa dan zaitun dengan pijatan-pijatan lembut pada kepala, wajah dan bahu. Tujuannya, sebagai relaksasi dan melancarkan peredaran darah. Ketegangan berkurang, minyak alami itu akan terserap kulit kepala dan efeknya positif bagi kesehatan dan keindahan rambut. 

Pun, nenek moyang kita di Indonesia juga mewariskan tradisi perawatan rambut memakai bahan-bahan alami. Hingga kini, bahan-bahan tersebut terus dielaborasi dan dikemas menjadi kosmetika praktis yang dikenal sebagai kosmetik tradisional. Mari kita tilik apa saja! 

Santan dan Minyak Kelapa Atasi Kerusakan

Kelapa dipakai luas dan diakui kehebatannya untuk merawat rambut. Pasalnya, kelapa kaya akan vitamin E yang dapat memulihkan kondisi rambut yang kering

 

dan rusak. Cara pakainya sederhana. Campur santan atau minyak kelapa dengan air perasan jeruk nipis, lalu balurkan ke seluruh rambut dan kulit kepala. Biarkan selama 30 menit, bilas dengan sampo dan keringkan. Rutin gunakan, rambut Anda akan pulih kembali. 

Abu Merang Atasi Rambut Kusam

Merang atau batang padi kering dibakar, lalu abunya rendam dalam air dan air inilah untuk mencuci rambut. Tak ubahnya shampo biasa. Bagus sekali untuk mengatasi rambut bermasalah seperti pudar, kusam dan berketombe. Sulit mendapatkan merang?

Bisa dimaklumi. Anda bisa membeli shampo merang yang sudah dikemas modern dalam botol. Praktis pula penggunaannya. 

Minyak Kemiri Sangrai Cegah Uban

Kemiri mudah ditemukan. Anda tahu, khasiatnya bagus sekali untuk menyehatkan akar rambut sehingga tidak cepat beruban. Mudah sekali kok membuatnya.

Untuk menghemat waktu, buat adonan minyak kemiri untuk beberapa kali penggunaan. Untuk itu siapkan seperempat kilogram kemiri, lalu sangrai (menggoreng tanpa minyak) sampai berubah warna jadi hitam gosong. Angkat, haluskan, lalu akan keluar minyaknya berwarna hitam. Ya, minyak itu dibalurkan merata di kulit kepala. Diamkan beberapa lama, sekitar 1 jam, lalu bersihkan. 

Penyubur Lendir Lidah Buaya 

Daun lidah buaya yang berdaging ini sudah terkenal khasiatnya untuk kecantikan. Pun, dapat menyuburkan rambut. Lendirnya kaya akan vitamin A,

B, C dan E, juga 18 asam amino. Ini lebih praktis lagi menggunakannya. Ambil sebatang lidah buaya, kupas kulitnya, lalu olesi pada rambut. Tutup kepala memakai handuk kecil agar lendir lidah buaya meresap dengan baik. Saat lendir kering, baru Anda keramas dengan shampo.

Air Jeruk Nipis Anti Lepek

Jenis rambut Anda berminyak? Umumnya rambut berminyak itu punya masalah seperti ketombe. Rambut pun mudah sekali lepek. 

Cara mengatasi masalah ini, cukup mudah. Ambil jeruk nipis, peras dan baluri kulit kepala. Lakukan pijatan lembut untuk membantu air jeruk nipis terserap dengan baik. Asam sitrat dan vitamin C pada jeruk nipis akan membuat rambut Anda mengembang. Ketombe pun perlahan menghilang. Tentu Anda mesti rutin merawat rambut ya.

Nah, jelas kan bahan-bahan alami apa saja yang hariansuara.com ulas kali ini untuk memperindah rambut Anda. Pun, tidak terlalu sulit mengaplikasikannya. Selamat mencoba dan dapatkan rambut Anda kembali indah. (*) Siti Muhanah/MTS           Foto: @Y-Boychenko/Depositphotos, IST

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X